Home » » [cfbe] KARYA EMAS GURU BERPRESTASI NASIONAL

[cfbe] KARYA EMAS GURU BERPRESTASI NASIONAL

Written By Celoteh Remaja on Sabtu, 01 April 2017 | 07.10

 

KARYA EMAS
GURU BERPRESTASI NASIONAL

"Cara mensyukuri ilmu adalah dengan mengamalkannya, dan cara mensyukuri amal adalah dengan membagikan ilmu yang bermanfaat." (Fajar Tri Laksono)
 
"Ada tiga tipe guru," kata Fajar Tri Laksono, guru SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo ini. "Pertama, guru yang bisa menciptakan perubahan. Kedua, guru yang hanya terheran-heran menyaksikan perubahan. Ketiga, guru yang bahkan tidak tahu apa yang sedang berubah."
Jika Anda seorang guru, tipe yang manakah Anda? Atau tepatnya, Anda ingin menjadi guru tipe yang bagaimana? Saya yakin Anda ingin seperti Fajar Tri Laksono yang bertekad untuk menjadi guru yang menciptakan perubahan.

Apakah sulit untuk menjadi guru yang aktif, kreatif, inovatif, inspiratif, dan menciptakan perubahan bagi siswanya? Tidak, jawab Fajar. Ia lalu mengutip kata Orison Swett Marden dalam bukunya "Be a Great Fighter" sebagai berikut :"Jauh dalam diri setiap manusia berdiamlah kekuaan dahsyat yang sedang tidur. Kekuatan yang merevolusi kehidupannya jika dia dibangkitkan dan diwujudkan dalam tindakan yang menginspirasi."  Hal ini mengisyaratkan bahwa satu-satunya orang yang bisa menghentikan Anda menuju jalan prestasi dan kesuksesan adalah diri Anda sendiri. Dan satu-satunya cara paling ampuh adalah berhenti menginspirasi. Demikian tambah Fajar yang selalu rajin mencari masalah untuk dipecahkan atau dicarikan solusinya. Ia selalu berkeliling dan bertanya pada siswa-siswanya apa masalah pembelajaran yang mereka hadapi dengan tujuan agar ia bisa mencarikan solusinya. 'Cari masalah' seperti ini memang sering membuatnya pusing sendiri tapi jika ia berhasil menemukan solusi maka ini adalah kenikmatan yang tiada tara baginya.
Meski pun demikian, dibutuhkan ketekunan untuk bisa menghasilkan karya yang benar-benar bisa dibanggakan. Untuk membuat sebuah media pembelajaran saja Fajar bisa membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk merakitnya mulai dari meriset, membuat sketsa, merakit, hingga tahap penyempurnaannya. Salah satu karyanya, Smart Jackpot, yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilan menulis narasi siswa bahkan mengalami seratus kali kegagalan saat eksperimen. Tapi ini tidak membuat Fajar putus asa dan terus bekerja untuk menyempurnakannya. Pada akhirnya kryanya ini dapat mengantarkannya menjadi salah satu pemenang dalam lomba karya inovatif guru tingkat nasional.
 
Sumber inspirasi itu bertebaran dan kita bisa mendapatkannya kapan saja, di mana saja, dan bagaimana pun keadaannya. Inspirasi kecil bisa memunculkan sebuah gagasan besar yang berujung pada prestasi. Buku ini adalah contohnya. Buku ini menurut saya adalah sebuah ide yang sangat menarik bagi para guru yang ingin berprestasi dan menjadi pelaku perubahan di sekolahnya masing-masing.
Buku "Karya Emas Guru Berprestasi Nasional" ini adalah sebuah karya para guru IGI di Sidoarjo yang selama ini telah menunjukkan prestasinya pada lomba-lomba baik yang tingkat kabupaten, propinsi, mau pun nasional. Ada enam orang guru yang menuliskan inspirasi dan prestasinya di buku ini, yaitu : Lilik Masrukah, Fithriyah Mulyasari, Rolis Awang Widodo, Harum Kawaludin, Enik Chairul Ummah, dan Fajar Tri Laksono sendiri.  Mereka berenam adalah para guru yang pernah memenangkan penghargaan atas karya dan metode pembelajaran mereka di berbagai tingkat, termasuk tingkat nasional.
Buku ini merupakan buku kedua dari IGI Sidoarjo dalam rangka berperan serta menyukseskan Gerakan Budaya Literasi di kalangan IGI Sidoarjo pada khususnya, dan guru-guru Kab, Sidoarjo pada umumnya. Buku ini diterbitkan untuk membagikan pengalaman para penulisnya dalam mengikuti berbagai lomba-lomba inovasi pembelajaran. Sebagai contoh, Ibu Lilik Masrukah adalah guru Bahasa Inggris SMPN 2 Wonoayu, Sidoarjo, yang langganan menjadi finalis dalam berbagai lomba, baik itu Lomba Simposium, Inobel, mau pun lomba To Be Craetive Teacher. Karya beliau "Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Mass Media" dimasukkan dalam jurnal tingkat nasional.

Ibu Enik Chairul Ummah adalah penulis buku "70 Hari Penuh Makna di Korea" yang bukunya pernah saya bahas dan bahkan selalu saya jadikan contoh bagi guru-guru lain yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan, seminar, workshop, studi banding, kunjungan,  dan acara-acara yang berhubungan dengan tugas, yang dibiayai oleh sekolah atau pun negara. Menuliskan catatan atau pun dokumentasi pelatihan atau pun studi banding yang kita ikuti adalah sebuah pertanggungjawaban moral yang harus kita lakukan jika kita dibiayai baik oleh sekolah mau pun oleh negara. Kita tidak dikirim untuk rekreasi atau liburan oleh negara dengan seminar, workshop, dan studi banding tersebut tapi diminta untuk belajar dan memperluas wawasan. Untuk itu kita harus menunjukkan dengan sebuah laporan tentang apa yang kita terima dalam seminar, workshop, atau studi banding tersebut. Selain agar kita memperoleh ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan tambahan wawasan kita juga diharapkan agar dapat berbagi dengan teman-teman kolega kita yang tidak mendapatkan kesempatan dikirim seperti kita. Kita tidak dikirim dan dibiayai hanya untuk diri kita saja melainkan agar dapat berbagi dengan kolega kita. Anything beneficial should be shared as much as possible. Setiap guru tentulah bisa menghasilkan prestasi di bidangnya masing-masing. Prestasi adalah manifestasi dari inspirasi yang dieksekusi, kata Fajar Tri Laksono.
 
Buku yang diterbitkan oleh Oksana Publishing dengan tebal 106 halaman ini sungguh lezat untuk dinikmati oleh para guru. Kisah-kisah yang disampaikannya sangat menggugah dan menginspirasi. Saya sungguh menganjurkan agar para guru dapat memiliki dan membaca buku ini sebagai makanan mental yang bergizi tinggi. Harganya Rp. 45.000,- dan bisa dipesan langsung pada Mas Fajar Tri Laksono di 0822-3034-4990. Jangan sampai kehabisan bukunya….
 
Surabaya, 1 April 2017
Satria Dharma
http://satriadharma.com/

__._,_.___

Posted by: Satria Dharma <satriadharma2002@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Have you tried the highest rated email app?
With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.

---------- http://groups.yahoo.com/group/cfbe ----------
Arsip Milis: http://groups.yahoo.com/group/cfbe/messages
Website: http://www.cbe.or.id

Hanya menerima daily digest: cfbe-digest@yahoogroups.com
Tidak menerima email: cfbe-nomail@yahoogroups.com
Kembali ke normal: cfbe-normal@yahoogroups.com
Berhenti berlangganan: cfbe-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------- cfbe@yahoogroups.com -----------------

.

__,_._,___
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kumpulan Milis Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger