Home » » [cfbe] HOAX DAN MATA UANG SOSIAL

[cfbe] HOAX DAN MATA UANG SOSIAL

Written By Celoteh Remaja on Kamis, 29 Desember 2016 | 20.15

 

HOAX DAN MATA UANG SOSIAL

Mengapa orang suka menyebarkan berita hoax? Salah satunya mungkin karena itu akan membuat mereka merasa hebat dan penting dan, pada dasarnya,  semua orang ingin menjadi hebat dan penting. J
Mengapa menyebarkan hoax atau berita bombastis bisa membuat orang merasa penting? Itu karena berita hoax biasanya mengandung unsur-unsur berita yang aneh, tidak lazim, luar biasa, atau layak mendapatkan perhatian. Sesuatu bisa istimewa karena ia baru, mengejutkan, ekstrim, atau sekedar sangat menarik. Dan siapa yang menyebarkan berita atau hal-hal yang istimewa maka ia akan mendapatkan 'social currency' atau  Mata Uang Sosial. Mata Uang Sosial muncul dari kehadiran atau eksistensi seseorang di komunitas dan jaringan sosial yang  akan membuat seseorang menjadi penting atau meningkat keberadaannya di komunitas. Mata Uang Sosial bisa memberi seseorang  identitas, status dan penghargaan. Mata Uang Sosial akan membuat seseorang mendapatkan perhatian, menjadi bagian dalam komunitas tertentu, dan dihargai. Dan untuk memiliki mata uang sosial ini orang melakukannya dengan menceritakan hal-hal yang akan membuat mereka tampak hebat di mata orang lain.
Hal-hal yang istimewa atau dipersepsikan istimewa membuat orang yang membicarakannya tampak istimewa atau lebih istimewa. Kita semua ingin diterima dan disukai. Hasrat untuk mendapatkan pengakuan sosial merupakan motivasi manusia yang mendasar. Berita hoax memberikan mata uang sosial hanya dengan sekali klik untuk disebarkan.
Bayangkan betapa hebatnya Anda jika ternyata Anda memiliki informasi 'rahasia dan tersembunyi' yang tidak semua orang tahu. Umpamanya tentang bagaimana sebenarnya bahwa para teroris itu diciptakan oleh Tim Densus 88 sendiri. Selama ini orang hanya tahu bahwa teroris adalah lawan dari Tim Densus 88. Itu hal yang umum diketahui. Tapi bayangkan jika ternyata Anda mendapatkan informasi yang berlawanan dengan fakta yang dipahami oleh masyarakat umum. Anda mendapatkan kisah detil dari 'orang dalam' Densus 88 sendiri (Anda sendiri tidak tahu kebenaran 'orang dalam' ini tapi itu tidak penting. Informasinya jauh lebih penting untuk diketahui).  Informasi yang mengejutkan ini tentu akan membuat Anda sebagai penyebarnya menjadi hebat dan penting. Andalah yang membuat mata mereka melek!
Selama ini orang hanya tahu bahwa Iran adalah musuh dari Israel tapi ternyata Anda mendapat berita rahasia bahwa semua itu hanya sandiwara. Mereka ternyata berteman baik. Kita dibohongi selama ini dan sekarang Anda memiliki informasinya…! Anda memiliki mata uang sosial yang jika Anda 'belanjakan' maka Anda akan tampak penting, hebat, dan layak dihargai di komunitas di mana Anda menyebarkan 'berita rahasia' tersebut.
Bagaimana cara agar mendapatkan mata uang sosial dari berita yang kita terima dan sebarkan? Caranya adalah dengan membesar-besarkan detail cerita untuk membuat berita atau cerita itu menjadi istimewa. Jadi kadang kita dengan sengaja membuat berita-berita bisa menjadi luar biasa agar bisa menjadi mata uang social kita.
 
 
Social currency is a common term that can be understood as the entirety of actual and potential resources which arise from the presence in social networks and communities, may they be digital or offline. It derives from Pierre Bourdieu's social capital theory and is about increasing one's sense of community, granting access to information and knowledge, helping to form one's identity, and providing status and recognition. (Wikipedia)
 
Salam
Satria Dharma
http://satriadharma.com/

__._,_.___

Posted by: Satria Dharma <satriadharma2002@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Have you tried the highest rated email app?
With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.

---------- http://groups.yahoo.com/group/cfbe ----------
Arsip Milis: http://groups.yahoo.com/group/cfbe/messages
Website: http://www.cbe.or.id

Hanya menerima daily digest: cfbe-digest@yahoogroups.com
Tidak menerima email: cfbe-nomail@yahoogroups.com
Kembali ke normal: cfbe-normal@yahoogroups.com
Berhenti berlangganan: cfbe-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------- cfbe@yahoogroups.com -----------------

.

__,_._,___
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kumpulan Milis Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger