Home » » [aids-ina] Ajakan Memahami Posisi Pemerintah dalam Eksekusi Mati Kasus Narkoba dan Larangan Penjualan Bir di Minimarket

[aids-ina] Ajakan Memahami Posisi Pemerintah dalam Eksekusi Mati Kasus Narkoba dan Larangan Penjualan Bir di Minimarket

Written By Celoteh Remaja on Kamis, 29 Januari 2015 | 07.43

 

Kementerian Perdagangan RI telah resmi menerbitkan Peraturan No 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol. Peraturan ini terutama membatalkan Pasal 14 Ayat 3 Huruf A bahwa minimarket dapat menjual minuman beralkohol golongan A secara eceran dan Pasal 21 Ayat 7 mengenai perizinan penjualan minuman beralkohol golongan A di minimarket pada peraturan sebelumnya (Permendag No 20/M-DAG/PER/4/2014). 

Penerbitan peraturan ini perlu dilihat dari sejumlah sisi. Pertama, terbitnya peraturan ini tak bisa lepas dari 'getolnya' Pemerintahan Jokowi menindak secara ultra represif pihak-pihak yang terlibat narkoba. Memang vonis hukuman mati dijatuhkan di era rezim pemerintahan sebelumnya. Namun eksekusi yang telah tertunda bertahun-tahun lamanya ini kemudian dijadikan sebagai bahan 'jualan moral' oleh pemerintahan saat ini. Tentu saja eksekusi tersebut perlu diikuti oleh sikap terhadap narkoba secara umum. Sikap yang sinkron dengan eksekusi hukuman mati adalah menindak dengan keras hal-hal yang berkaitan dengan narkoba. Minuman beralkohol, sama dengan narkoba, adalah komoditas yang 'diharamkan'. Namun sekeras apapun pemberantasannya masih tetap saja banyak orang yang mengonsumsinya. Sifat haram komoditas-komoditas inilah yang kemudian dipertegas sebuah pemerintahan untuk memperkuat legitimasinya. Kebijakan pelarangan minuman keras dan narkoba pastilah akan sangat populer di Indonesia dimana jumlah 'kaum pengharaman' (orang-orang yang menganggap pelarangan sebuah komoditas sebagai satu-satunya cara mengatasi persoalan) ditaksir cukup besar.

 

__._,_.___

Posted by: East java Action <eastjavaaction@ymail.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Kunjungi Website tersohor http://wwww.aids-ina.org

.

__,_._,___
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kumpulan Milis Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger